Susi Suharyani

Susi Suharyani mengajar mulai tahun 1991 sampai sekarang. Mulai mengajar di sekolah swasta SMA/SMK Tunas Pelita Binjai, SMA/MAS Setia Budi Binjai, SMA Dharmawan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Webinar Ikatan Alumni Kimia Universitas Negeri Medan

Tantangan hari ke-45

Webinar Ikatan Alumni Kimia Universitas Negeri Medan

Hari ini Sabtu 6 Juni 2020 Ikatan Alumni Kimia Universitas Negeri Medan mengadakan Webinar seri ke dua yang direncanakan mulai pukul 14.00 sampai 15.30, tetapi sampai pukul 16.00 baru selesai. Acara dibuka oleh ketua Ikatan Alumni yaitu Mardana, dan sebagai moderator Rizqi Emilia. Peserta Webinar guru Kimia sebanyak 103 orang yang ikut melalui google meet. Adapun tema kali ini adalah “Metode Mengajar Kimia Pada Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Era New Normal” dengan menghadirkan dua orang nara sumber, yang pertama Prof. Retno Dwi Suyanti, M.Si (Guru Besar Pendidikan Kimia Pasca Sarjana UNIMED) dan yang kedua Drs. Zulfan Mazaimi, M.Pd (Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Rantau Utara/Ketua Asosiasi Guru Kimia Indonesia (AGKI) Provinsi Sumatra Utara).

Prof Retno membahas materi dengan judul “Strategi Pembelajaran Kimia Pada Pendidikan Jarak Jauh”. Menurut Prof. Retno ada 3 hal yang diperlukan dalam proses pembelajaran jarak jauh, yang pertama strategi pembelajaran Kimia pada era new normal sangat diperlukan supaya pembelajaran terarah dan pada gilirannya membantu pencapaian tujuan pendidikan. Yang ke dua penggunaan media yang memungkinkan terjadi interaksi antara siswa guru peningkatan hasil pembelajaran ditentukan oleh 3 kriteria media tersebut yaitu efektif, menarik dan efisien. Media Kimia yang direkomendasikan yaitu PPT insert hyperlink, E-draw mindmap, Chemsketch, Isis Draw dan eXe learning. Dan yang ke tiga pembelajaran daring tidak cukup menggunakan WA group dan Email tetapi harus menerapkan blended learning interaktif dengan platform seperti Cisco Webex, Zoom, SIPDA, atau google meeting, google classroom, bbb.

Nara sumber ke dua Drs. Zulfan membahas materi dengan judul “Metode Mengajar Kimia Pada Pedidikan Jarak Jauh Di Era New Normal”. Menurut Zulfan, program PJJ daring pihak sekolah/guru-guru dan siswa menggunakan WA group setiap kelas, jadwal pembelajaran, aplikasi google meet, aplikasi google form, google classroom, aplikasi Zoom dan aplikasi quiz. Metode pembelajaran yang digunakan adalah on line dan tatap muka atau disebut dengan blended learning. Dengan blended learning diharapkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan meaningful, dan bisa mendorong siswa untuk berpikiran kritis. Sisi baik dari blended learning adalah tetap menekankan interaksi social tanpa meninggalkan aspek teknologi.

Panduan pembelajaran jarak jauh bagi guru selama pandemo Covid-19 dengan semangat merdeka belajar (Dirjend Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud 2020) dibagi 3 yaitu :

1. Skenario A : lengkap, pelajaran terstruktur mengikuti kurikulum standar.

2. Skenario B : lengkap, pelajaran terstruktur difokuskan pada pengetahuan dan keterampilan inti.

3. Skenario C : konten pembelajaran dan kegiatan yang dipilih untuk membantu siswa mengatasi siswa mengatasi krisis saat ini.

Dari ke tiga skenario ini dipilihlah skenario mana yang sesuai dengan kondisi sekolah kita.

Akhir acara ditutup oleh ketua jurusan Kimia.

Binjai, 6 Juni 2020 (14 Syawal 1441 H)

#WebinarIAKimiaUnimed

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren bu

07 Jun
Balas

Trimakasih sudah mapir bu

07 Jun

Wah saya tertarik dg blended learning....nnt boleh tanya2 lg ya bu Susi

07 Jun
Balas

Nanti saya kirim power poinnya di grup S2 kita ya, ingatkan saya. sukses dan sehat selalu ya bu Yas

07 Jun

Nanti saya kirim power poinnya di grup S2 kita ya, ingatkan saya. sukses dan sehat selalu ya bu Yas

07 Jun

Bagus Bu artikel nya, trimakasih telah berbagi

06 Jun
Balas

Trimakasih sudah mampir bun, sukses buat bunda

07 Jun

Trimakasih sudah mampir bun, sukses buat bunda

07 Jun



search

New Post